Senin, 23 Juli 2012
3 komentar

Cara memperbaiki monitor komputer

23.02

Kali ini aku mau sedikit share pengalaman mengenai cara servis atau memperbaiki monitor yang rusak bersandarkan pengalaman aku sendiri serta tambahan dari beraneka sumber yang kali saja dapat berfaedah buat anda yang masih memperbaiki monitor atau hanya belajar buat menambah pengalaman, walaupun monitor tabung ini saat ini udah tambah ketinggalan dari monitor lcd serta mulai disisihkan keberadaannya dari masyarakat pengguna pc namun tetap juga banyak pula yang menggunakannya.

sebelum mengambil tindakan akan membongkar monitor yakinkan kerusakan sebenarnya berasal dari monitor, tidak dari komputernya, karna banyak pada biasanya orang berasumsi komputernyala namun tak ada tampil gambarnya udah langsung menuturkan seandainya monitornya yang bermasalah, kalau mengalami problem tersebut coba hidupkan pc serta tekan numlock pada keyboard kalau lampunua hidup tekan sekali kembali kalau lampu mati bermakna pc hidupnya normal, silahkan bongkar monitor.


tersebut langkah-langkah memperbaiki monitor menurut model kerusakannya

tak ada terdapat gambar atau raster.
kalau tak ada terdapat gambar atau raster, masalahnya yakni sambungan kabel monitor ke cpu serta video card tak ada berperan benar, atau sirkuit dalam monitor rusak.
solusinya yakinkan terlebih dahulu yaitu cpu serta video card bekerja baik. cek transistor horizontal, cobalah menyalakan brightness serta contrastnya. mulailah memeriksa sinyal sinkronisasi vertikal serta horizontalnya. bila tak ada terdapat sinyal, tak ada mau muncul raster. bila sinyal terdapat, kemungkinan besar masalahnya terdapat pada sirkuit pengatur voltase tinggi atau drive horizontal tak ada bekerja mengatasinya dengan baik. kalau keliru satu output dari power supply bermasalah, kita mampu mengatasinya memeriksa rangkaian power supply


gambar tak ada muncul
kalau gambar tak ada muncul ini menandakan tak ada terdapat sinyal gambar yang di deteksi buat dimunculkan ke monitor.  solusinya periksa sinyal video yang terdapat pada board video adapter crt, dikarenakan komponen ini kemungkinan rusak atau terbakar.

kabel heater pada crt terbuka.

tiap tiap kali crt dinyalakan, heater mau bekerja. kala crt dimatikan, heater pula ikutan lalu dingin. perubahan panas yang berulang-ulang serta jangka waktu lama mau membikin heater jadikan terbuka serta panas merembes keluar dari kabel ini.
solusinya dikarenakan kabel heater ini terdiri dari tiga macam (merah, hijau, biru) kita mampu memandang kerusakannya pada warna yang mau muncul. mau namun, kabel ini tak ada mampu diganti jika anda mengganti tabung katodanya sama selaki. bila kabel ini rusak, praktis anda kudu mengganti monitor anda dengan yang baru.

katoda terhubung dengan control grid.

katoda yakni bahan yang terbuat dari logam tak ada tahan korosi, maka memungkinkan terhubung dengan control grid. kalau perihal ini terjadi, control grid mau kehilangan efektivitaasnya, serta mau berakibatkan warna yang muncul jadikan soak nama lain pudar. pada biasanya, gejala ini kerap muncul.
solusinya bila udah terjadi kontak, tak ada terdapat yang kali saja dapat dilaksanakan. yang paling baik yakni menahan terjadinya kontak pada katoda serta control grid, memberikan pembatas pada control grid dengan seluruh katoda. satu atau lebih warna kelihatan lemah.
kalau satu atau lebih warna kelihatan lemah, karena itu problem ini pada biasanya terjadi dikarenakan pada katoda terbentuk lapisan ionik yang halangi pelepasan elektronmenuju layar. gejala sejenis ini membikin katoda jadikan kurang efektif waktu menembakkan elektron, yang menjadikan lemahnya warna pada layar monitor. gejala ini mau kelihatan di mana keliru satu warna yang dihasilkan di layar monitor kelihatan lebih lemah.
solusinya periksa drive board video crt anda, apakah solderan pada keliru satu tabungnya kendor atau lepas. solder ikatannya. bila gambar udah terlampau buram, satu-satunya kemungkinan yakni mengganti tabungnya. melainkan, rata-rata kerusakan sejenis ini sekedar terjadi sehabis penggunaan jangka waktu lama. fosfor pada tabung katoda kelihatan kusam.
fosfor menjadi senyawa kimia yang mau memunculkan warna khusus kala terkena sinar elektron berenergi tinggi. pada monitor lama, kita kerap menjumpai gambar yang kelihatan kuyu, dengan kontras warna yang dapat diatur maksimal.
solusinya tak ada terdapat cara lain jika mengganti tabung katoda, namun umur fosfor dapat dihemat mengatur brightness pada tingkat minimum serta anda dapat memasang screen saver pada layar monitor buat mengurangi peredaran fosfor yang terlalu lama.

control grid pada crt terbuka.

control grid difungsikan akan membatasi sinar yang dihasilkan oleh katoda, memasang satu muatan mungkin pada grid. bila control grid terbuka, akibatnya tak ada terdapat kembali muatan mungkin pada grid buat mengontrol intensitas sinar serta sinar mau memancar dengan intensitas penuh
solusinya, periksa apakah katoda dengan control gird heater dengan katoda terjadi pertalian pendek (short) atau tak ada. bila anda tak ada mendapatkan pertalian pendek (diperiksa menggunakan multimeter) control grid kemungkinan telah terbuka. solusi satu-satunya tabung kudu diganti.

 focus grid pada crt terbuka.

oksidasi mampu membikin pertalian pendek pada katoda dengan kontrol grid atau control grid dengan screen grid. screen grid berperan buat mengarajhakan gerakan elektron menuju layar. bila screen grid mengalamu pertalian pendek, energi elektron yang memancar ke layar mau berkurang maka mau mengurangi intensitas sinar yang berpendar pada fosfor serta dengan demikian mau mengurangi kecerahan gambar dengan keseluruhan. pada bermacam kasus yang kritis, justru gambar tak ada muncul sama sekali.
solusinya, anda mampu mengukur apakah terjadi pertalian pendek pada screen grid atau tak ada, menggunakan multimeter buat mengukur voltase pada grid tersebut. rata-rata grid punyai voltase pada 250 hingga dengan 750 volt pada keadaan normal. bila voltase terlampau rendah, matika monitor setelah itu lepaskan drive board video yang terdapat di leher tabung berikut restart monitor serta ukur kembali voltasenya. bila voltase screen grid kembali normal dapat dipastikan yaitu screen grid mengalami pertalian pendek. bila voltase konsisten rendah, kita bisa curiga terjadi kerusakan pada sirkuit yanhg mengatur voltase pada screen. gambar kelihatan merah atau biru kehijauan.
kalau gambar kelihatan merah atau biru kehijauan (mendekati cyan), masalahnya yakni terdapat permasalahan pada sirkuit video buat jalur

3 komentar:

  1. aku punya masalah pada monitor.. ketika masuk ke game warnanya ,menjadi gelap'' padahal contrasnya udah full kalo dari monitor'' itu masalahnya pada cpu apa pada monitornya?

    BalasHapus
  2. masalah monitor saya,gambar kelihatan lemah,tampak kuyu(mendung),kurang kontras,yg rusak.. driver video crt? atw tabungnya?
    please..reply..>> 089605045328
    zengogy@gmail.com

    BalasHapus
  3. saya punya masalah :
    1. Ketika komputer di hidupkan monior kadang mengeluarkan gambar dan terkadang juga tidak sama sekali
    2. gambar sering kabur keatas dan bergetar

    Mohon pemecahannya

    terimakasih

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top